Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belasan Rumah Dilalap Api

Belasan Rumah Dilalap Api

Infokedirilagi.web.id - Mulai dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, perapian yang merambat, kebocoran tabung elpiji, hingga korsleting listrik. Dari seluruh kasus yang kami tangani, penyebab kebakaran terbanyak memang terjadi karena adanya hubungan arus pendek atau korsleting listrik, aku Wakid. Dari total 17 kasus kebakaran yang dilaporkan kepada satpol PP, sebanyak tujuh kasus di antaranya terjadi lantaran korsleting listrik. Lalu, empat kasus lagi disebabkan oleh percikan api dari tungku pembakaran yang menyambar barang di sekitarnya.

Andik Mardianto, koordinator Damkar Nganjuk menjelaskan, kebakaran yang disebabkan korsleting listrik mayoritas terjadi karena masalah teknis. Yang paling banyak ditemukan adalah kabel yang tidak sesuai standar atau kualitas rendah. Kebanyakan bahan kabel yang menjadi penyebab kebakaran tersebut menggunakan bahan timah, ungkap Andik kepada koran ini. Kabel tembaga memang diketahui memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding jenis tembaga.

Terjadinya kabel timah yang terbakar tersebut biasanya disebabkan karena terus dialiri listrik meskipun tidak digunakan. Tidak hanya itu saja, pemasangan beberapa steker peralatan elektronik di satu socket yang sama. Terlebih, perangkat tersebut memiliki daya yang tinggi.